Cara Download Video di Youtube
Internet,  Teknologi

Begini Cara Download Video di Youtube Secara Online

Tidak diketahui pasti jumlah video yang ada di YouTube, tapi banyak fakta menarik seputar situs yang diakuisisi Google pada tahun 2006 tersebut seperti lebih dari 2 milyar pengunjung setiap bulan, lebih dari 1 milyar jam video ditonton setiap hari, lebih dari 31 juta channel, lebih dari 15 milyar dolar berhasil diraup YouTube pada tahun 2019, dan video yang diupload pertama kali ke YouTube direkam di sebuah kebun binatang di San Diego pada tahun 2005.

Angka-angka di atas secara tidak langsung menunjukkan banyaknya jumlah video di YouTube. Memang, apa pun video yang ingin anda tonton, video tersebut pasti ada di YouTube selama tidak termasuk ke dalam kategori video yang dilarang untuk disebarluaskan di YouTube. Contohnya seperti video-video yang berisi konten vulgar, menebar kebencian, mengakibatkan kerusuhan, melanggar hak cipta, dan semacamnya.

Ingin menonton video aksi kejar-kejaran antara polisi dan pemotor? Banyak, mulai dari yang membosankan sampai yang adegannya tidak kalah seru dengan film action. Ingin menonton video-video yang aneh? Yang ini terlalu banyak untuk dihitung. Salah satunya anda bisa menonton Hand Thing yang bukan film horor tapi lumayan bikin merinding atau setidaknya bisa membuat anda terpana.

Baca Juga : Rekam Audio dari Manapun dengan Audio hijack

Atau mungkin sekedar ingin tahu bagaimana caranya memperbaiki keran bocor di kamar mandi, membetulkan atap genteng yang tergeser, membersihkan baju yang terlalu sulit untuk dibersihkan? Semua video tersebut ada di YouTube. Video-video yang berisi panduan mengenai cara mencari uang dengan menggunakan aplikasi Android tertentu juga tidak sedikit jumlahnya.

Saat menonton video-video tersebut, suatu saat anda pasti tergoda untuk mengunduh beberapa diantaranya. Mungkin anda sedang mempelajari cara menggunakan sesuatu dan mengunduh video-video terkait sebagai pelengkap, atau barangkali anda sekedar ingin mengumpulkan video-video yang super lucu supaya bisa ditonton lagi berulang kali.

Apa pun alasannya, apa pun video YouTube yang ingin anda simpan, anda bisa download video tersebut. Cara download video di YouTube tidak merepotkan dan bahkan lebih mudah dari apa yang mungkin anda pikirkan. Meskipun anda ingin mengunduh puluhan video YouTube atau bahkan lebih, anda masih bisa melakukannya tanpa harus membeli lisensi software yang mahal.

Apabila anda berencana untuk download banyak video, sebelumnya pastikan sisa kapasitas penyimpanan anda masih memadai untuk menampung semua video tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Menggunakan tool online untuk mendownload video youtube lebih praktis dan tidak perlu menginstall aplikasi tambahan pada HP anda.
  2. Buka aplikasi Youtube anda kemudian pilih video yang ingin anda download.
  3. Setelah itu anda klik tombol Share pada video tersebut.
  4. Selanjutnya akan muncul beberapa opsi pada menu Share, silakan anda pilih Copy link.
  5. Buka browser Google Chrome pada HP anda kemudian kunjungi situs y2mate.com. Setelah itu masukkan URL video yang telah anda copy tadi.
  6. Akan muncul beberapa opsi resolusi yang tersedia, klik tombol Download untuk mendownload video sesuai resolusi yang diinginkan.
  7. Tunggu proses konversi hingga selesai.
  8. Selanjutnya anda klik tombol Download .mp4.
  9. Tunggu proses download video sampai selesai, lama tidaknya bergantung pada koneksi video anda dan ukuran video yang didownload.

Dibandingkan menonton video secara online, mengunduh video memberikan anda beberapa keuntungan tersendiri. Pertama, anda tidak lagi tergantung pada koneksi internet untuk menonton video. Sekalipun kecepatan internet anda sangat tinggi, koneksi internet belum tentu stabil sepanjang masa. Pasti ada saatnya dimana kecepatan mendadak turun sehingga menonton video di YouTube pun jadi tersendat-sendat.

Kedua, sebagai backup karena tidak semua video di YouTube akan tersedia selamanya. Banyak video yang dihapus karena alasan tertentu. Mungkin karena melanggar ketentuan YouTube, mungkin karena dihujat banyak orang, atau mungkin karena pemilik video sudah mulai kehabisan kapasitas penyimpanan di Google sehingga tidak bisa upload video baru.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Laptop Cepat Rusak

Video yang sudah anda download pun bisa diedit, misalnya menghapus bagian-bagian yang dianggap kurang menarik atau bahkan menambahkan subtitle anda sendiri pada video. Kalau kapasitas harddisk sudah sangat kritis setelah download banyak video, anda bisa mengarsipkan video-video yang sudah jarang ditonton ke cloud storage seperti Google Drive yang kapasitasnya bisa lebih dari 15 GB jika anda punya lebih dari satu akun.

Suka banget jogging dan bermain bulu tangkis. Kalau soal makanan sih, paling suka mie ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *