Cara Kendalikan Nafsu Makan
Kesehatan,  Umum

Makan Terus, Ini 5 Cara Kendalikan Nafsu Makan Supaya Tidak Kalap

Pernah ingin makan lagi dan lagi padahal kamu baru saja makan besar? Sulit menahan nafsu makan memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya gangguan hormon, stres, hingga aroma makanan dan suasana tempat makan pada saat itu.

Jika dibiarkan, berat badan bisa naik dengan cepat. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi, kan? Nah, jika kamu ingin mengendalikan nafsu makan dan mencoba untuk berdiet, ada baiknya untuk melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Minum air putih

Perlu kamu ketahui bahwa tubuh dapat salah mengartikan sinyal dari otak. Contohnya, ketika kamu ingin makan bisa saja sebenarnya kamu merasa haus. Biasanya, beberapa orang justru tak ingin makan setelah ia minum air putih yang cukup.

Nah, kalau nafsu makan mulai muncul dan kamu ingin mencoba menahannya, cobalah minum segelas air dan tunggu beberapa menit. Jika keinginan untuk makan benar-benar hilang, itu artinya kamu merasa haus.

2. Olahraga

Berdasarkan penelitian, jalan kaki selama 15 menit ternyata bisa bikin kamu tahan untuk tidak ngemil, loh. Aktivitas menyehatkan ini juga dinilai bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain jalan kaki, kamu juga bisa melakukan olahraga lainnya secara rutin. Selain bermanfaat untuk kesehatan, olahraga dapat menekan hormon yang merangsang rasa lapar. Jadi, kamu tak akan merasa lapar setiap waktu.

3. Kurangi stres

Tahukah kamu kalau stres juga dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk makan terus. Apalagi, saat ini mudah sekali bagi seseorang mengalami stres. Paket internet habis saja terkadang bisa bikin stres padahal ada paket im3 murah yang kini bisa kamu dapatkan dengan mudah. Makanan memang sering dijadikan sebagai ‘penghibur’ di kala sedang tertekan. Belum lagi makanan yang disantap adalah makanan manis dan tinggi kalori.

Makanan seperti itu memang bisa dianggap seperti obat, namun kalau setiap stres kamu makan makanan itu, bisa-bisa berat badan naik drastis. Stres itu adalah hal yang wajar tapi jangan sampai menjadikan makanan sebagai pelarian. Daripada makan yang berujung pada kenaikan berat badan, sebaiknya istirahat sejenak dan mengambil napas dalam-dalam. Hal ini tentu jauh lebih baik dibandingkan menyantap makanan tinggi kalori.

4. Jadwalkan waktu makan dan ngemil

Supaya nafsu makan bisa dikendalikan, cobalah untuk membuat jadwal makan yang teratur. Yap, kamu bisa menentukan jam berapa kamu harus makan pagi, makan siang, dan makan malam. Kamu juga bisa, kok, menyelipkan waktu ngemil di jam-jam krusial. Dengan begini, tubuh akan terbiasa dan tahu kapan waktu harus makan atau tidak.

5. Kunyah permen karet

Masih kesulitan mengendalikan nafsu makan? Jangan khawatir, tips satu ini dinilai ampuh untuk menekan nafsu makan yang terus muncul. Mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu menekan nafsu makan atau rasa ingin makan.

Bahkan, pernyataan ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa permen karet dapat mengurangi nafsu makan dan ngemil. Efek ini pun lantas dihubungkan dengan proses mengunyah. Permen karet bisa dijadikan sebagai alternatif yang lebih menyehatkan dibandingkan dengan ngemil makanan manis atau berkalori tinggi.

Ingatlah, menuruti keinginan makan terus menerus akan berdampak pada kenaikan berat badan dan risiko penyakit yang semakin tinggi. Jadi, cobalah tips di atas untuk mengendalikan nafsu makan. Selamat mencoba!

Suka banget jogging dan bermain bulu tangkis. Kalau soal makanan sih, paling suka mie ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *