Contoh Surat Penawaran yang Benar
Umum

Begini Contoh Surat Penawaran yang Benar dan Cara Membuatnya

Bagi Anda yang sudah terbiasa dalam membuat surat penawaran untuk menjual barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen mungkin hal ini bukanlah suatu perkara yang berarti. Namun bagi sebagian orang yang baru pertama kali membuat surat penawaran mungkin hal ini menjadi sebuah masalah yang cukup susah dan pelik. Oleh karenanya Anda harus membutuhkan referensi banyak terkait contoh surat penawaran barang dan jasa yang baik dan benar.

Sebenarnya tujuan dari banyaknya referensi terkait contoh surat penawaran ini adalah untuk menawarkan suatu produk baik jasa maupun barang kepada pihak lain atau konsumen. Dimana dalam surat tersebut memaparkan tentang spesifikasi barang atau jasa yang hendak ditawarkan lengkap beserta rincian harganya. Maka melalui surat tersebut pihak lain atau konsumen yang menjadi sasaran utama dalam menawarkan produk menjadi mengerti akan produk yang dijual. Dengan begitu kesempatan Anda untuk menarik minat serta kerja sama dengan pihak lain semakin terbuka lebar.

Contoh Surat Penawaran
Contoh Surat Penawaran

Jenis surat penawaran ini merupakan surat resmi, oleh karenanya perlu Anda garis bawahi bahwasannya isi dalam contoh surat penawaran ini bukan hanya sekedar spesifikasi detail akan suatu produk barang atau jasa semata. Namun perhatikan pula kaidah ketatabahasa baku yang digunakan dalam penulisan surat penawaran ini. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah untuk meminimalisir kesalahan dalam membuat surat penawaran.

Pasalnya pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi lengkap terkait cara membuat surat penawaran melalui beberapa contoh surat penawaran di bawah ini. Penasaran bagaimana cara membuat surat penawaran yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku? Inilah penjelasan lengkapnya untuk seluruh pembaca yang budiman.

Cara Membuat Surat Penawaran yang Baik dan Benar

1. KOP Surat

Salah satu aspek untuk menambah keyakinan pihak lain tertarik dan berminat menjalin kerjasama dengan Anda adalah menampilkan perusahaan dengan jelas dan gamblang. Oleh karenanya surat penawaran ini dilengkapi dengan kop surat yang biasanya berisi mengenai informasi lengkap terkait perusahaan yang menawarakn produk berupa barang atau jasa kepada pihak lain. Seperti misalnya nama perusahaan, alamat perusahaan secara jelas bahkan terkadang pada beberapa surat penawaran juga disertakan pula kontak berupa nomor telephone yang bisa dihubungi ataupun email.

2. Kepala Surat

Karena jenis surat penawaran ini termasuk dalam surat resmi, maka tak hanya ketatabahasaan saja yang harus sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Namun juga dilengkapi dengan struktur format yang baik dan benar, salah satunya adalah format kepada surat. Biasanya pada kepala surat ini terdiri dari beberapa komponen, diantaranya adalah tanggal pembuatan surat, nomor surat, perihal, lampiran jikalau ada serta alamat tujuan surat.

3. Kata Pembuka

Sama seperti dengan jenis surat resmi pada umumnya yang akan diawali dengan kata pembuka “Dengan Hormat”. Setelah itu barulah disusul dengan penjelasan singkat terkait alasan mengapa surat penawaran tersebut dikirim kealamat pihak yang dituju oleh perusahaan. Begitupun ketika anda menulis surat lamaran kerja, kata pembuka juga harus anda sertakan.

4. Isi Surat

Supaya tujuan dari adanya surat penawaran yang telah Anda kirimkan kepada pihak terkait ini jelas dan tepat sasaran, oleh karenannya wajib untuk Anda mengetahui isi surat pada contoh surat penawaran berikut ini. Pada aspek ini Anda diberikan kesempatan untuk memaparkan seluruh produk yang Anda jual beserta rincian harganya secara detail dan jelas.

Hal ini dimaksudkan supaya pihak yang Anda tuju tertarik dengan produk dan akhirnya memutuskan untuk menjalin sebuah kerjasama bisnis. Jikalau Anda merasa rincian produk yang Anda paparan dalam isi kurang jelas maka Anda bisa menambahkannya dalam bagian lampiran.

5. Penutup Surat

Sedangkan pada bagian terakhir ini biasanya akan berisikan himbauan dan harapan kepada pihak yang dituju untuk menjalin sebuah kerjasama bisnis melalui surat penawaran yang telah diajukan tersebut.

Bagaimana apakah Anda sudah memiliki gambaran akan cara membuat surat penawaran melalui contoh surat penawaran tersebut diatas?
Itulah tadi penjelasan menarik seputar contoh surat penawaran yang baik dan benar yang dapat kami infromasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

Suka banget jogging dan bermain bulu tangkis. Kalau soal makanan sih, paling suka mie ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *