Persyaratan Nikah
Nikah,  Umum

Syarat Nikah yang Wajib Kamu Ketahui Saat Ini, Yuk Disimak!

Menikah bukan hanya sekedar mengikat suatu hubungan untuk berkomitmen kejenjang yang lebih tinggi saja. Namun bagi umat muslim menikah merupakan salah satu sarana untuk menyempurnakan iman seseorang ketika ia sudah baligh. Kendati demikian menikah bukanlah suatu perkara yang mudah ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan dengan matang dari berbagai aspek mulai dari rukun nikah hingga syarat nikah sesuai dengan anjuran agama Islam.

Dalam melangsungkan proses pernikahan seluruh aspek yang mencakup syarat nikah adalah hal yang wajib ada. Pasalnya seluruh aspek yang termuat dalam persyaratan nikah ini merupakan hal yang mampu menjadikan sebuah hubungan pernikahan menjadi sah. Begitu pun sebailiknya jikalau aspek-aspek dalam syarat ini tidak terpenuhi, maka akan membuat pernikahan tidak akan sah.

Nah bagi Anda yang hendak melangsungkan sebuah prosesi pernikahan lengkapilah dengan tertib segala syarat nikah yang telah dianjurkan oleh agama Islam. Jikalau Anda belum paham akan apa saja asepk yang terkandung dalam persyaratan sebuah pernikahan, barangkali artikel ini dapat membantu.

Aspek-aspek Persyaratan Nikah

Pasalnya pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai aspek dalam syarat nikah yang wajib dipenuhi oleh calon pengantin yang hendak melangsungkan prosesi pernikahan. Penasaran apa saja aspek-aspek dalam syarat pernikahan? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

1. Beragama islam bagi calon pengantin pria

Nikah 2

Berbeda dengan rukun nikah, dimana setiap aspek yang termuat didalamnya tidak boleh ditawar dan wajib untuk dipenuhi. Lain halnya dengan syarat nikah yang bisa diubah sesuai kondisi atas dasar kesepakatan kedua belah pihak. Salah satu syaratnya adalah mengharuskan kedua calon pengantin beragama Islam.

Pasalnya selain berdasar kepada ikatan syariat agama Islam, hal ini juga akan menentukan sah tidaknya sebuah prosesi pernikahan tersebut. Oleh sebab itu bagi seorang muslim yang menikah dengan orang yang memiliki keyakinan non muslim tidak boleh menggunakan tata cara ijab qobul sesuai dengan ajaran agama Islam sebelum kedua mempelai beragama Islam terlebih dahulu.

2. Bukan pria mahrom bagi calon istri

Setiap manusia pastinya menginginkan menikah sekali dalam seumur hidupnya. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk memilih dan menentukan pasangan yang tepat dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Pastikan bahwa seseorang yang Anda pilih sebagai pasangan sudah terlepas dalam silsilah mahrom dengan orang tua terutama pihak ayah.

Karena pernikahan ini tidak sah serta tidak dianjurkan dalam Islam. Oleh karenanya, sebelum prosesi pernikahan ini berjalan penghulu harus menyeleksi secara detail supaya pernikahan seperti ini tidak terjadi.

3. Mengetahui wali akad nikah

Nikah 3

Meskipun dalam pernikahan boleh meminta bantuan kepada wali hakim untuk menikahkan. Namun sebagai calon pengantin pria hendaknya Anda mengetahui terlebih dahulu kehidupan pasangan Anda dengan pasti guna mengetahui silsilah wali nikah pasangan Anda tersebut.

Hal ini karena menurut syariat agama Islam seorang ayah memiliki peran besar untuk menikahkan anak gadisnya meskipun keduanya tidak tinggal satu rumah.

4. Tidak sedang melaksanakan haji

Ibadah haji merupakan ibadah yang mendatangkan pahala yang berlipat dalam setiap aktivitasnya. Namun tahukah Anda bahwa seseorang yang sedang melaksanakan ibadah haji dilarang untuk melangsungkan sebuah pernikahan.

Syarat nikah ini tak lain karena tidak dianjurkan oleh agama Islam untuk dilaksanakan. Jadi jikalau sedang beribadah haji, maka sebaiknya tundalah sementara acara pernikahan tersebut hingga ibadah haji selesai.

5. Tidak karena paksaan

Nikah 4

Selain menjadi syarat nikah, hal ini juga termasuk kedalam rukun sahnya sebuah pernikahan. Dimana calon pengantin tidak boleh melangsungkan pernikahan yang didasari dengan paksaan dari aspek manapun.

Meskipun setelah ijab qobul selesai segala tangggung jawab dalam membangun bahtera rumah tangga sudah dipikul, pernikahan yang didasari dengan paksaan akan mengakibatkan sesuatu hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Nah demikianlah penjelasan seputar aspek-aspek dalam syarat nikah yang harus dipenuhi oleh calon pengantin yang hendak melangsungkan pernikahan. Meskipun beberapa aspek diatas bisa diubah atas dasar musyawarah dari kedua belah pihak. Tapi alangkah lebih baiknya jikalau aspek-aspek syarat nikah tersebut dipatuhi secara tertib. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Suka banget jogging dan bermain bulu tangkis. Kalau soal makanan sih, paling suka mie ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *