Umum

Tata Cara Sholat Hajat Lengkap dengan Niat dan Langkah-Langkahnya

Seperti namanya, sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan bagi orang-orang yang sedang memiliki hajat atau keinginan akan suatu hal. Setiap umat muslim yang melaksanakan sholat hajat ini memiliki pengharapan penuh terhadap Allah SWT, supaya segala keinginan atau hajat yang diharapkan segera terkabulkan.

Misalnya meminta perlindungan, sukses dalam menjalani karir, hingga meminta jodoh dan beberapa keinginan lainnya. Namun meskipun demikian, perlu Anda garis bawahi bahwa segala keinginan yang dilontarkan dan diharapkan oleh manusia masih sesuai dengan syariat dan ketentuan agama islam. Jadi pastikan bahwa keinginan Anda tak melenceng dari syariat agama islam.

Sama seperti sholat sunnah pada umumnya, tata cara sholat hajat berserta bacaan doanya terbilang sangat pendek dan mudah untuk dihafalkan. Bahkan untuk mengerjakan sholat sunnah hajat ini tak membutuhkan waktu-waktu yang khusus, karena bisa dikerjakan kapan saja baik siang hari maupun malam hari.

Nah bagi yang hendak melaksanakan sholat sunnah namun belum mengetahui bagaimana langkah melaksanakan sholat hajat sesuai dengan syariat dan anjuran Nabi Muhammad SAW. Berikut ini akan kami sajikan prosedur sholat hajat yang baik dan benar secara lengkap, sehingga mampu dijadikan pedoman ketika melaksanakannya. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja inilah penjelasan terkait tata cara sholat hajat yang baik dan benar untuk Anda.

Langkah-langkah Melaksanakan Sholat Hajat

Rangkaian langkah sholat hajat sama seperti mengerjakan sholat-sholat sunnah lainnya. Sebelum mengerjakankan Anda harus diisyarakatkan untuk suci dari hadats kecil maupun hadats besar. Pastikan pula pakaian yang dikenakan sudah menutupi aurat serta tempat yang Anda gunakan untuk sholat terbebas dari najis serta menghadap ke arah kiblat. Jangan lupa sebelumnya wudhulah terlebih dahulu supaya sholat hajat yang Anda laksanakan sempurna. Nah berikut ini adalah tata cara sholat hajat yang baik dan benar secara singkat.

1. Niat

Niat Sholat Hajat

Semua sholat baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah memang dianjurkan untuk membaca bacaan niat terlebih dahulu sesuai dengan sholat yang hendak dikerjakan. Namun bacaan niat untuk sholat hajat sendiri berbunyi:

“USHOLLII SUNNATAL HAAJATI ROK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA”

Artinya: “Aku niat sholat sunnah hajat dua rekaat karena Allah Ta’ala”

2. Selanjutnya takbiratul ihram sembari membaca doa iftitah layaknya sholat wajib dan sholat sunnah pada umumnya

3. Melafazkan bacaan doa Al-Fatihah di setiap rekaat. Bacaam doa Al-Fatihah dalam setiap rekaat sholat memang sebuah kewajiban, maka dari itu Anda wajib untuk membacanya pada setiap rekaat.

4. Setelah itu imbangi bacaan Al-Fatihah dengan bacaan surah-surah pendek dalam Al-Quran

5. Rukuk dengan tuma’ninah

6. I’tidal dengan tuma’ninah

7. Sudut dengan tuma’ninah

8. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah

9. Sujud kedua dengan tuma’ninah. Kemudian berdiri dan dilanjutkan kembali dengan rekaat yang kedua. Gerakan dan bacaan pada rekaat kedua sama dengan rekaat pertama, Anda harus membaca doa Al-Fatihah dan surah-surah pendek pada Al-Quran. Hanya saja pada rekaat kedua Anda tidak membaca niat yang telah dibacaan pada rekat yang pertama tadi

10. Jangan lupa untuk mengakhiri shalat, untuk mengucapkan salam secara sempurna . Hal ini juga berlaku pada sholat wajib serta sholat sunnah.

Cara Sholat Hajat

Menurut pernyataan dari Imam Nawawi yang diriwayatkan dalam Al-Adzkar mengatakan bahwa sebaiknya setelah selesai melaksanakan tata cara sholat hajat tersebut diatas, dianjurkan untuk berdzikir terlebih dahulu. Setelah itu diimbangi dengan permohonan doa dan keinginan atau hajat yang diharapkan. Tetapi lebih sempurna lagi jikalau doa sholat hajat sesuai dengan lafaz yang telah dianjurkan oleh Rasullulah SAW.

Tentu kira seringkali sibuk dalam mengurusi hal-hal yang bersifat dunia sehingga mendapatkan khusyu’ dalam sholat kita sehari-hari sangatlah sulit. Perlu anda ketahui bahwa sholat merupakan amalan ibadah yang pertama kali dihisab dan merupakan komponen utama dari amalan ibadah-ibadah yang lain.

Misalkan sholat anda diterima pada hari Pembalasan, maka InsyaAllah amalan-amalan yang lain seperti puasa, shadaqah dan haji juga diterima. Namun jika sholat kita bermasalah, tidak menutup kemungkinan ibadah-ibadah kita yang lain juga bermasalah, naudzubillah. Maka dari itu, melaksanakan sholat dengan khusyu’ perlu anda lakukan guna mendapatkan imbalan pahala yang sempurna.

Ketika memulai sholat, kami sarankan bagi anda untuk membuang sejenak beban masalah atau aktivitas pada pikiran anda. Untuk lebih mempermudah anda dalam melaksanaan sholat dengan khusyu’, wajib untuk melakukan sholat berjamaah sedangkan untuk sholat sunnah seperti dhuha dan tahajud, melaksanakan secara sendiri tentu saja tidak masalah. Setelah anda memahami poin kecil diatas, kita langsung beranjak ke inti pembahasan, begini cara mendapatkan khusyu’ ketika sholat:

  1. Pastikan anda sudah dalam keadaan suci (berwudlu) setelah itu silakan rapatkan shaf jika anda sholat berjamaah.
  2. Takbir : Angkat kedua tangan anda dan membaca takbir dengan menganggungkan Allah. Ingat bahwa tidak ada yang lebih besar kekuasaannya, baik di bumi maupun di langit kecuali Allah.
  3. Membaca doa iftitah : pahami betul arti dari doa ifititah, tidak harus menghafalnya kok. Cukup pahami maknanya dan resapi setiap kalimatnya.
  4. Membaca Alfatihah : Sama halnya ketika anda membaca doa iftitah, anda harus memahami betul makna dan maksud dari surat alfatihah. Kalau perlu dihafal juga ya kan alfatihah termasuk surat yang pendek dan setiap kita menghafalnya.
  5. Ruku’ : Dalam keadaan ini, bungkukkan diri anda kepada Allah swt. Pastikan anda merendah kepada Allah dengan sepenuh hati.
  6. Setelah I’tidal, letakkan kening anda dan sujudlah kepada Allah, tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. Setelah itu, ucapkan “Subhaana Rabbiyal a’la” (Maha Suci Rabb-ku yang Maha Tinggi) sebanyak 3X seperti biasanya.
  7. Setelah itu, duduklah sujud kedua seperti duduk pertama dan ingat bahwa satu sujud saja tidak cukup untuk meminta ampunan kepada Allah.

Baca Tasyahud seperti yang biasa anda lakukan. Selanjutnya salam ke kanan dan ke kiri kemudian berucap dalam hati anda, “Hai Mailakat yang berada di pundak kananku, catatlah pahalaku ini. Hai Malaikat yang berada di pundak kiriku, saksikanlah bahwa aku telah taubat”

Setelah selesai melakukan sholat, jangan beranjak dulu dari tempat sholat. Pastikan anda berdzikir kepada Allah dan setelah selesai melakukan dzikir secukupnya, jangan lupa untuk mengaji beberapa a’in dan lakukan ini secara rutin agar hati anda tenang dan khusyu’ InsyaAllah mudah anda dapatkan.

Bagaimana apakah setelah membaca artikel mengenai langkah melaksanakan sholat hajat yang baik dan benar tersebut diatas Anda sudah tidak bingung lagi mengerjakannya?

Nah demikianlah tadi penjelasan lengkap terkait tata cara sholat hajat sesuai dengan syariat dan anjuran Nabi Muhammmad SAW yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman. Terima kasih.

Suka banget jogging dan bermain bulu tangkis. Kalau soal makanan sih, paling suka mie ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *